Kamis, 14 April 2016

Penyebab Komputer Restart Sendiri



Memang sangat mengganggu dan amat menjengkelkan, bila sedang mengerjakan tugas atau sedang asyik bermain game di komputer, tiba-tiba komputer restart dengan sendirinya.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan komputer restart dengan sendirinya, antara lain sbb:
1.    Tegangan listrik rendah atau tidak stabil
Gunakan AVO meter, sebaiknya tanya orang yang mengerti tentang arus listrik untuk memeriksa tegangan listrik di rumah, pastikan tegangan benar-benar mencapai 220 V, jika tegangan naik-turun, sebaiknya gunakan stabilizer atau stavolt, karena jika dibiarkan akan berakibat pada kerusakan hardware, seperti Hard Disk, Motherboard, dan Memory Komputer.
2.    Kerusakan pada power suply
Karena faktor usia pemakaian, power suply rentan mengalami kerusakan dan mengakibatkan arus listrik masuk ke CPU menjadi tidak stabil. Untuk pemeriksaan bisa dilakukan dengan memasang fan atau kipas angin yang dilengkapi lampu, biasanya jika power suply rusak, lampu di fan tersebut akan berkedip.
3.    File corupt
Masalah ini ditandai dengan restart otomatis saat komputer dinyalakan, solusinya dengan melakukan instal ulang sistem operasi perangkat PC kalian.
4.    Low memory
Terjadi pada saat kalian membuka program atau game yang membutuhkan kapasitas memory yang besar, solusinya hanya dengan menambahkan kapasitas memory.
5.    Processor over heat
Panas berlebih pada CPU atau processor juga menjadi penyebab komputer sering restart sendiri, pastikan semua kipas atau fan di CPU bekerja dan putarannya tidak terhalangi kabel, pastikan juga thermal paste atau pasta pendingin processor masi ada atau ganti dan tambahkan jika perlu.
6.    Virus
Beberapa virus memekan source PC dengan sangat besar, solusinya gunakan anti virus yang sudah ternama keampuhannya seperti Avast, AVG, Smadav atau Avira.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar